Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

Arsip Kuliah Teori Arsitektur

Catatan 2!!!


Pengertian tentang Arsitektur disertai dengan referensinya.
Arsitektur ( Latin architectura , dari bahasa Yunani ρχιτέκτων - arkhitekton, dari ρχι- "kepala" dan τέκτων "pembangun, tukang kayu, tukang batu") adalah kedua proses dan produk dari perencanaan , perancangan dan konstruksi . Karya arsitektur, dalam bentuk bahan bangunan , sering dianggap sebagai simbol budaya dan sebagai karya seni . Peradaban historis sering diidentikkan dengan prestasi mereka yang masih hidup arsitektur.
Arsitektur dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. ( Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas )
AMOS RAPOPORT, Arsitektur adalah segala macam pembangunan yang secara sengaja dilakukan untuk mengubah lingkungan fisik dan menyesuaikannya dengan skema-skema tata cara tertentu lebih menekankan pada unsur sosial budaya.
CORNELIS VAN DE VEN, Arsitektur berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan. Pembaharuan arsitektur yang berlangsung terus menerus sebenarnya berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang.
BENJAMIN HANDLER, Arsitek adalah seniman struktur yang menggunakan struktur secara estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.
DJAUHARI SUMINTARDJA, Arsitektur merupakan sesuatu yang dibangun manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya(kenyamanan, ketenangan, dll).
VITRUVIUS, Ada tiga aspek yang harus disintesiskan dalam arsitektur yaitu firmitas(kekuatan atau konstruksi), utilitas (kegunaan atau fungsi) dan venustas(keindahan atau estetika).
BRINCKMANN, Arsitektur merupakan kesatuan antara ruang dan bentuk. Arsitektur adalah penciptaan ruang dan bentuk.
BUOWKUNDIGE ENCYCLOPEDI, Arsitektur adalah mendirikan bangunan dari segi keindahan (sedangkan mendirikan bangunan dari segi konstruksi disebut ilmu bangunan).
Menurut LE CORBUSIER Arsitektur adalah permainan masa bangunan. AUGUST PERET, Arsitektur adalah seni mengorganisasikan ruang, contoh;denah. MIES VAN DE RUHE berpendapat bahwa Arsitektur adalah keinginan jaman yang diterjemahkan ruang, contoh:collosium.
Dari beberapa pengertian arsitektur diatas, saya berpendapat bahwa arsitektur adalah perwujudan atau penciptaan ruang dan bentuk yang aman, nyaman, dan sesuai dengan fungsinya, mulai dari level makro ( seperti lansekap, tata kota, dan lain - lain ) sampai ke level mikro ( seperti desain bangunan, interior ). Ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan, firnitas ( kekuatan atau konstruksi ), utilitas (kegunaan atau fungsi) dan venustas(keindahan atau estetika). Arsitektur mengikuti keinginan jaman yang begitu cepatnya tanpa mudah tertinggal atau menjadi usang. Arsitektur berhubungan dengan teori, dimana teori dikatakan sebagai “sebab” ( latar belakang, alasan ) sedangkan arsitektrur dapat dikatakan sebagai “akibat-nya” ( perwujudan, hasil olah ).

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar